Galena

11.37 AM


Sifat Fisik Mineral Galena
Gambar 1.1. Mineral Galena

            Berikut ini merupakan sifat fisik secara umum mineral Galena :
Kategori                      :  Mineral Sulfida
Rumus Kimia              :  PbS
Warna                          :  Abu- abu dan Keperakan
Cerat                           :  Abu- abu
Kekerasan                   :  2,5 – 2,75 skala Mohs
Kilap                           :  Logam
Transparansi                :  Opaq
Berat Jenis                   :  7,2 – 7,6
Belahan                       :  Sempurna
Pecahan                       :  Uneven
Sifat Dalam                 :  Rapuh (brittle)
Sistem Kristal              :  isometric Hexoctahedral, 4 / m bar 3 2 / m
Mineral Asosiasi          :  Kalsit, dolomite, spalerit, pirit, dll
Kemagnetan                :  Nonmagnetic


Informasi Mengenai Mineral Galena
     Galena adalah bentuk mineral alam timbal (II) sulfida. Ini adalah mineral bijih utama yang paling penting. Galena adalah salah satu mineral sulfida yang paling berlimpah dan didistribusikan secara luas. Galena mengkristal dalam sistem kristal kubik sering menampilkan bentuk oktahedral. Hal ini sering dikaitkan dengan mineral sfalerit, kalsit dan fluorit.
            Keberadaan galena sering berisi sejumlah besar perak sebagai fase mineral perak sulfida termasuk atau larutan padat terbatas dalam struktur galena. Galena yg berisi perak telah lama menjadi bijih yang paling penting dari perak di pertambangan. Selain seng, kadmium, antimon, arsenik dan bismut juga terjadi dalam jumlah bervariasi pada bijih timah. Selenium pengganti sulfur dalam struktur merupakan serangkaian solusi yang solid. Memimpin telluride mineral altaite memiliki struktur kristal yang sama seperti galena. Dalam oroxidation pelapukan zona galena untuk mengubah anglesite (sulfat timbal) atau Kerusit (karbonat timbal). Galena terkena air asam tambang dapat dioksidasi untuk anglesite oleh bakteri alami dan archaea, dalam tobioleaching proses yang sama.
Galena adalah bijih utama timbal yang terutama digunakan dalam membuat baterai timbal-asam, namun jumlah yang banyak juga digunakan untuk membuat lembaran timah dan ditembak. Galena sering ditambang untuk konten perak .


Galena adalah mineral sulfida timbal umum ditemukan dalam urat hidrotermal; atau sebagai pengisi rekahan, tambalan rongga dan penggantian dalam batu gamping. Jumlah yang lebih kecil ditemukan di banyak batuan beku, batuan metamorf dan sedimen. Galena adalah bijih utama timbal dan sering ditambang untuk konten perak (perak untuk pengganti timbal dalam struktur galena). 

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts